Sabtu, Maret 28, 2009

FLUIDA

Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan air dengan berbagai sifatnya untuk kesejahteraan manusia.Demikian pula dengan udara.Hingga saat ini,beberapa sifat kedua zat tersebut,baik dalam keadaan statis maupun dinamis,telah mampu dirumuskan melalui pendekatan matematis dan fisis.Kemudian, perumusan tersebut diinterpretasikan dan d iaplikasikan melalui rekayasa teknologi yang berkaitan.Dari hasil teknologi itulah manusia dapat melakukan perjalanan melalui air dan udara menggunakan teknologi transportasi yang selalu berkembang.
Pertanyaan untuk kelas XI-Ipa
1.Sebuah kapal laut yang massanya ribuan ton dapat terapung diatas lautan,tetapi sebutir kerikil yang sangat ringan akan tenggelam ketika dicelupkan dalam air.Menurut anda ,mengapa kedua peristiwa itu dapat terjadi ?
2.Ketika anda menggunakan selang untuk menyiram tanaman,kemudian ujung selang tersebut anda persempit maka kecepatan aliran air yang keluar dari selang tersebut menjadi besar. Mengapa hal tersebut terjadi ? Hukum Fisika apa yang berhubungan dengan kejadian tersebut ?
3.Pada hari Sabtu 28 Pebuari 2009 ,kalian sudah praktek menerbangkan layang-layang.Dari peristiwa tersebut layang-layang KELVIN yang berbentuk sempak terbang amat aerodinamis, Mengapa demikian.?

4 komentar:

  1. 1. benda dikatakan terapung bila massa jenis benda tsb lbh kcl drpd massa jenis cairan sedangkan benda dikatakan tenggelam bila massa jenis bnda tsb lbh bsr drpd massa jenis cairan. kapal laut memiliki massa jenis yang lebih kecil dibandingkan dengan kerikil sehingga kapal laut bisa terapung. dapat juga dijelaskan melalui hukum archimedes yang dirumuskan dengan F=ρgV. volume berbanding lurus dengan gaya apung. jadi yang menentukan gaya apung yang besar adalah volume yang besar. kapal memiliki volume rongga udara yang lbh bsr drpd kerikil.

    BalasHapus
  2. 2. karena persamaan kontinuitas. Q1=Q2 atau v1A1=v2A2. hukum bernoulli.
    3. karena bambu yang digunakan untuk membuat layang2 tsb sangat ringan dan tipis jadi sangat mudah untuk terbang.

    BalasHapus
  3. 1.benda dikatakan terapung jk sebagian atau seluruh bagiannya berada diatas permukaan cairan.pd saat benda diletakkan didlm cairan, benda akn bergerak keatas.sehingga gaya ke atas Fa lbh bsr drpd gaya berat w.dan benda dikatakan tenggelam jk seluruh bagiannya berada dlm cairan.pd saat benda diletakkan didlm cairan,benda akan bergerak kebwh smpi menyentuh dasar cairan.pd badan kapal laut terdpt rongga yg menyebabkan kapal laut dpt memindahkan air laut dgn volume yg lbh besar sehingga gaya keatas sebanding dgn volume air yg dipindahkan maka rongga tsb menyebabkan gaya keatas semakin besar.hal inilah yg menyebabkan kapal laut dpt terapung.sdgkn kerikil mimiliki gaya keatas lbh kecil dr volume benda sehingga kerikil dpt tenggelam

    BalasHapus
  4. 2. kerena persamaan kontinuitas. A1V1=A2V2
    3. karena bambu nya tipis dan ringan sehingga layang-layangnya dapat terbang dgn mudah.hal ini disebabkan besarnya penurunan tekanan udara sebanding dengan kecepatan geraknya.

    BalasHapus