Selasa, Juli 21, 2009

Produk Terbaik Teknologi Informasi Terkini 2008

Selama paruh tahun 2008, perkembangan teknologi komunikasi global diarahkan pada kehadiran terminologi baru disebut netbook sebagai upaya integrasi lebih dalam kehadiran teknologi jejaring internet.

Dijual dengan harga yang sangat terjangkau, teknologi komputer sekarang menjadi sangat terjangkau, menjadikan harga Rp 5 juta atau sekitar 500 dollar AS sebagai ambang harga psikologis untuk mendorong pembelian oleh orang kebanyakan.

Kehadiran netbook yang masuk dalam kategori notebook dengan ciri ukuran monitor di bawah 10 inci, dengan atau tanpa hard disk, serta lebih mirip perangkat untuk anak-anak, tapi juga bisa digunakan untuk orang dewasa bekerja, telah memicu ikut turunnya berbagai perangkat keras komputer lainnya.

Integrasi perangkat keras berkaitan dengan pesatnya kemajuan jejaring sosial di internet telah memaksa jutaan orang di seluruh dunia untuk ikut serta mengikuti kemajuan teknologi jejaring modern yang tidak memiliki preseden dalam sejarah kemajuan teknologi dunia.

Berbagai perangkat teknologi komunikasi informasi sekarang menjadi lebih cerdas, mudah digunakan dan sangat bersahabat dengan kehidupan kita sehari-hari, serta memiliki kemampuan untuk berkomunikasi satu dengan lainnya.

Komputer sekarang tidak hanya digunakan sebagai perangkat untuk mengetik dan mengolah angka, tapi menjadi perangkat untuk mendengarkan musik, menikmati foto digital, berbicara sebagai perangkat teleponi, penunjuk arah menggunakan kemajuan teknologi GPS, menonton video, dan berbagai aktivitas lain yang tidak terbayangkan sama sekali.

Mereka yang menikmati semua kemajuan teknologi komunikasi informasi sekarang ini akan merasakan betapa menyenangkan dan nyamannya bisa bekerja di mana saja atau menikmati apa saja.

Terjangkaunya harga serta semakin canggih teknologi yang dihadirkan memang sepatutnya dinikmati oleh siapa saja. Produk terbaik kali ini memperkenalkan dalam berbagai bentuk kemajuan serta tren yang akan kita hadapi di masa mendatang.

Konvergensi teknologi antara komputer dan teleponi menjadi lebih dalam dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Berbentuk kecil dan muat di dalam saku, perangkat teleponi sekarang menjadi semakin cerdas, semakin canggih, serta terjangkau untuk siapa saja. Tahun ini Samsung memperkenalkan seri terbaru, SGH-i780, sebagai kelanjutan seri Blackjack sebelumnya yang memiliki fitur paling lengkap, mulai dari kamera digital, GPS, papan ketik mini QWERTY, nirkabel Wi-Fi, serta koneksi kecepatan tinggi 3,5G HSDPA. Samsung SGH-i780 adalah konvergensi seutuhnya kemajuan teknologi komunikasi informasi.

Teleponi berbasis protokol internet adalah teknologi yang cukup lama dikembangkan dan digunakan di semua lapisan masyarakat. Cisco System Inc, perusahaan AS yang mengembangkan sistem jejaring berbasis protokol internet, memperkenalkan produk teleponi berwarna Cisco 7970 yang mampu menjadi sentra berbagai ragam informasi secara cepat tidak hanya percakapan teleponi.

Mengindonesiakan teknologi komunikasi informasi adalah sebuah upaya melakukan transformasi berbagai kemajuan dan menghadirkan Wakatobi 526 buatan Zytrex merek Indonesia yang ingin menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Komputer notebook dengan prosesor Core2Duo T5550 dan memori 2GB ini memasuki era kemampuan merek Indonesia menghadirkan komputer canggih yang terjangkau.

Fotografi digital mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi fenomena penting kemajuan digitalisasi multimedia. Perangkat kamera digital sekarang menjadi gadget penting idaman siapa saja untuk penggunaan apa saja. Kamera digital seri D40x dengan resolusi 10 megapiksel menjadi kamera digital jenis single lens reflex (SLR) idaman siapa saja, baik fotografer amatir maupun profesional. Bentuknya yang kecil dengan rancang desain yang ringkas, Nikon D40x menggunakan sensor imej CCD dan panel layar 2,5 inci pada bagian belakang, adalah kamera digital yang menyenangkan, terjangkau untuk siapa saja, dan fitur teknologi mutakhir.

Teknologi prosesor multi-inti tidak lagi hanya terbatas pada penggunaan dua inti dalam seri Core2Duo, tapi juga berinti banyak quad-core seperti prosesor terbaru Phenom 9600 buatan Advanced Micro Devices Inc (AMD). Bernama sandi Spider, Phenom 9600 dengan empat inti mampu menghasilkan kecepatan komputasi lebih cepat dibanding dual-core, memungkinkan melakukan berbagai aktivitas digital multimedia, termasuk mempersiapkan penggunanya menikmati kemajuan teknologi definisi tinggi dalam tayangan yang lebih tajam, lebih jelas, lebih realistis, dan lebih cepat.

Kemajuan teknologi satelit memungkinkan siapa saja memiliki akses posisi global dengan perangkat navigasi personal seperti Nokia 330. Perangkat yang disebut sebagai Auto Navigation menggunakan sistem operasi Windows Mobile, mampu memberikan informasi global secara luas, termasuk penyediaan peta Indonesia secara lengkap. Juga berfungsi sebagai perangkat multimedia, Nokia 330 menggunakan prosesor GPS menghadirkan secara cepat posisi geografi.

Produk konvergensi teknologi dalam faktor bentuk baru disebut sebagai Ultra Mobile PC (UMPC) diperkenalkan sebagai perangkat konvergensi yang nyaris sempurna menggabungkan kemampuan teknologi teleponi dan teknologi informasi dalam kesatuan yang tidak terpisahkan. Rumusan konvergensi ini diterjemahkan High Tech Computer Corp (HTC) asal Taiwan dalam produk Shift menggunakan dua prosesor Intel A110 dan Qualcomm masing-masing berkecepatan 800 MHz dan 400 MHz. Gabungan kedua prosesor ini menjadikan HTC Shift sebagai campuran notebook, PDA, dan perangkat teleponi yang memiliki kemampuan GPS. HTC yang piawai dalam meracang ponsel PDA menghadirkan Shift sebagai transformasi menuju konvergensi teknologi komunikasi informasi modern, menghadirkan berbagai fitur teknologi maju, termasuk 3,5G.

Penggunaan prosesor sebagai inti penggerak komputer mulai terintegrasi dalam transformasi baru menuju apa yang disebut sebagai General Purpose Graphic Processing Unit (GPGPU), menjadikan prosesor grafik tidak hanya mengolah imej digital, tapi juga melakukan komputasi lain. Teknologi prosesor grafik buatan Advance Micro Devices Inc (AMD) dalam seri ATI Radeon 4800, memiliki tenaga komputasi mencapai satu teraflop, mampu menghadirkan berbagai ragam data digital dalam aliran multimedia secara lebih realistis, membuka peluang baru tidak hanya untuk mengembangkan tayangan lebar animasi yang lebih realistik, tapi juga tampilan definisi tinggi yang menjadi tren perkembangan teknologi yang sedang berlangsung menuju tampilan yang lebih realistis di layar monitor maupun teve. Menggunakan 800 inti sebagai tenaga prosesornya, ATI Radeon seri 4800 membuka gerbang baru kekuatan komputasi masa depan.

Kamera video pengintai berbasis protokol internet (IP) memanfaatkan kemampuan jejaring internet, menjadi tren penting kehadiran yang memperluas pandangan ke berbagai penjuru dunia. Produk canggih seperti PZ6122 buatan Vivotek asal Taiwan memiliki kemampuan untuk bergerak ke kiri dan ke kanan sampai dengan 270 derajat, memiliki pembesaran optik sampai sepuluh kali, serta gabungan teknologi penggunaan lensa yang bisa melihat di malam hari sampai dengan 0,05 lux. Vivotek PZ6122 menjadi kamera berbasis IP yang memberikan rasa aman bagi siapa saja untuk penggunaan di rumah, kantor, perusahaan, pabrik, dan lainnya.

Penggunaan memori dalam teknologi komputer tidak hanya menjadi semakin besar, tapi juga menjadi semakin cepat dan canggih dengan kehadiran teknologi DDR3, seperti produk Corsair XMS3 DDR3 (atas) menunjang kehadiran teknologi prosesor baru berbasis dua atau lebih inti, serta kehadiran sistem operasi Windows Vista berbasis grafik yang menuntut cepatnya pengolahan prosesor untuk sementara disimpan di memori. Memori luks buatan Corsair ini menjadi idaman para pemilik komputer yang mengandalkan kemampuan untuk mempercepat keseluruhan proses komputasi, serta memiliki daya tahan terhadap panas dengan pelindung aluminium yang dianoda untuk mempertahankan kinerja komputer.

Teknologi kamera pengintai yang menjadi andalan di lingkungan perusahaan sudah lama menggunakan kamera analog yang memiliki berbagai keterbatasan, seperti akses maupun keterbatasan kapasitas penyimpanan. Produk VioServer-5 buatan Qnap, perusahaan asal Taiwan, menjadikan kamera analog di berbagai perusahaan memiliki kapasitas yang diperluas tidak terbatas pada sistem penyimpanannya saja yang bisa diarahkan ke hard disk komputer, tapi juga kemampuan aksesnya memanfaatkan jejaring internet. VioServer-5 memiliki kemampuan untuk terhubung ke 32 buah kamera analog, menjadikan total biaya kepemilikan sistem kamera pengintai keamanan menjadi lebih realistis di tengah kemajuan teknologi komunikasi informasi. VioServer-5 menjadi pilihan penting perkembangan kamera pengintai masa depan.

Komputer berbasis TabletPC sudah lama hadir dan tersendat karena keterbatasan pemahaman dan pemanfaatan penggunanya. Produk TabletPC oleh perusahaan sekelas Fujitsu asal Jepang mampu menjadi produk seperti T2010 menjadi lebih elegan dengan memberikan rincian penting untuk merampingkan dan meringankannya sebagai produk yang penuh fitur. Menggunakan prosesor Core2Duo U7600, T2010 menjadi piawai dengan fitur 3,5G HSDPA memperluas akses penggunanya menjadi tidak terbatas. Produk T2010 ringkas, ringan, bertenaga, dan futuristik menghadirkan teknologi baru kemajuan teknologi notebook.

Kemajuan teknologi digital sekarang tidak hanya memberikan peluang menikmati buku-buku atau majalah dalam format modern baru menghadirkan e-book, tapi juga menjadi ringkas dan menjadi tidak terbatas. Digitalisasi buku-buku dan bacaan lainnya juga mendorong muncul gadget baru seperti Sony PRS-505, perangkat pembaca e-book yang terjangkau, tidak perlu lagi menggunakan komputer untuk mengakses berbagai buku digital. Sony PRS-505 memiliki berat 225 gram, mampu memuat sekitar 160 judul buku secara internal, dan menjadi tidak terbatas dengan penggunaan SD Card atau Memory Stick Duo yang dikembangkan Sony. Menggunakan baterai lithium yang diisi ulang, perangkat pembaca buku ini bisa bertahan setelah dibaca lebih dari 7.500 halaman. Selain sebagai pembaca e-book, Sony PRS-505 juga bisa menjadi sebagai album digital menyimpan foto-foto yang ditampilkan dalam bentuk foto hitam putih dengan gradasi yang memiliki ketajaman yang menyenangkan untuk dinikmati siapa saja.

Menghadirkan durabilitas dan skalabilitas teknologi menjadi ciri penting komputer notebook B|Y|O|N, merek Indonesia yang memungkinkan penggunanya untuk mengganti berbagai komponen di dalamnya sesuai dengan kemajuan teknologi. Produk B|Y|O|N seri S1371 G/S memiliki platform dasar yang memungkinkan untuk mengganti penggunaan prosesor, memori, dan kapasitas hard disk mengikuti build-your-own-notebook, menuju terwujudnya ekosistem teknologi komunikasi informasi yang terus-menerus diperbarui.

Semua orang ingin memiliki kamera digital, bukan hanya terjangkau, tapi juga memiliki kemampuan yang setara kamera yang digunakan para profesional. Kamera Canon PowerShot G9 dengan resolusi 12,1 megapiksel memiliki keseluruhan fitur yang ada pada kamera digital jenis SLR yang digunakan para profesional, memanfaatkan kemajuan teknologi prosesor DIGIC III.

Teknologi layar sentuh akan menjadi tren penting yang akan digunakan pada berbagai produk teknologi komunikasi informasi. Kehadiran produk baru buatan Nokia seri N810, misalnya, menjadi awal berubahnya tren menuju terintegrasinya berbagai perangkat yang tidak lagi terbatas pada kemajuan teleponi, maupun sistem operasi yang mendominasinya. Nokia N810 dengan sistem operasi Internet Tablet OS 2008 menunjukkan betapa pentingnya jejaring internet yang menjadi sentra berbagai aktivitas kehidupan digital sehari-hari. Memiliki beragam fitur, produk N810 yang tidak memiliki fasilitas teleponi yang menjadi ciri produk buatan Nokia asal Finlandia ini, menjadi gadget multifungsi memanfaatkan teknologi layar sentuh dan perangkat papan ketik QWERTY yang tersembunyi di balik layar monitor.

Untuk bertahan menjadi produsen utama teknologi komunikasi informasi, banyak upaya yang berusaha dilakukan oleh berbagai perusahaan multinasional, termasuk Hewlett-Packard (HP). Perusahaan asal AS yang sudah lama mendominasi pasar berupaya memperkenalkan produk anyar dan canggih, dan hanya mampu menghadirkan HP Pavilion Slimline s3380d sebagai terobosan baru untuk menggugah kepemilikan konsumen atas teknologi komputer canggih dengan desain yang futuristik. Pavilion Slimline adalah miniaturisasi dengan berbagai fitur penting, mengikuti kemajuan produk-produk sejenis yang sudah lama beredar di pasaran. Produk terbaru HP ini menggunakan prosesor Core2Duo E4600 dengan kecepatan 2,4 GHz dan mampu bekerja terus-menerus selama berbulan-bulan tanpa perlu mematikannya. Dengan memori 1 GB serta kapasitas hard disk 300 GB menggunakan sistem operasi Windows Vista Home Premium, produk HP Pavilion Slimline ini menyenangkan digunakan sebagai sentra multimedia untuk menikmati video digital atau mengolah foto-foto digital.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar