Rabu, Januari 11, 2012

Kisi-kisi UN FISIKA SMA TA: 2011-2012

25. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO
KOMPETENSI
INDIKATOR
Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting.
1.
Memahami prinsip-prinsip mengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung dengan cermat, teliti dan objektif.
Menentukan besar dan arah vektor serta menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara.
Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar.
Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait.
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran terkait pada konsep elastisitas.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum.
2.
Memahami gejala alam dan keteraturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum dan masalah Fluida.
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor, atau asas Black dalam pemecahan masalah.
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya.
3.
Memahami konsep kalor dan prinsip konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya mesin kalor.
Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan proses termodinamika pada mesin kalor.
Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada gelombang.
Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari.
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong.
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi dan difraksi.
4.
Menganalisis konsep dan prinsip gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler.
Kompetensi–Standar Isi–2011-2012 32
NO KOMPETENSI INDIKATOR
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi pada berbagai kondisi yang berbeda.
Menentukan besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb.
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik, serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar.
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchhoff.
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik.
Menentukan gaya magnetik (gaya Lorentz) pada kawat berarus listrik atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen.
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja transformator.
5.
Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah.
Menjelaskan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor.
Menjelaskan berbagai teori atom.
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/efek Compton.
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan teori relativitas.
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom.
6.
Memahami konsep dan prinsip kuantum, relativitas, fisika inti dan radioaktivitas dalam kehidupan sehari-hari.
Menjelaskan pemanfaatan zat radioaktif dalam berbagai aspek kehidupan.
Kompetensi–

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar