Rabu, Maret 31, 2010

Mars Terangi Malam Jumat Ini

NEW YORK--MI: Pada Kamis malam atau malam Jumat, 25 Maret, banyak orang mungkin melihat ke langit dan bertanya, "Apakah itu bintang terang di sebelah bulan?"

Jawaban untuk itu adalah Mars. Tapi jawaban ini berubah setiap malam saat bulan terus bergerak sepanjang Ekliptika, yakni lintasan matahari dan planet-planet di langit.

Jika Anda mengajukan pertanyaan lagi pada Senin malam, 29 Maret, jawabannya adalah planet bercincin Saturnus. Konjungsi seperti bulan dan planet-planet tersebut adalah pengingat rutin tentang bagaimana pergerakan cepat bulan di langit.

Itu akan menjadi kesempatan terakhir untuk kita mendapatkan tampilan yang baik di Mars. Ini akan terjadi lagi sampai Mars mendekati Bumi lagi pada 2012.

Langit malam pada musim semi menyajikan kontras yang mencolok antara sebagian daerah barat yang penuh dengan bintang-bintang dan konstelasi musim dingin serta sebagian daerah timur dengan Regulus satu-satunya bintang terang. Mars berada di dalam kemegahan soliter Cancer, salah satu dari rasi bintang paling tidak signifikan, tepat di atas Bima Sakt

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar