Selasa, Februari 02, 2010

Aerodinamika Kendaraan


Aerodinamika Kendaraan

Bahasa kerennya “Aerodynamics”

Sebuah ilmu yang mempelajari tentang aliran udara pada kendaraan. Kenapa musti belajar “Aerodynamics”?? karena sistem aerodinamika kendaraan mempengaruhi laju kendaraan.

Sebuah mobil yang dibekali dengan sistem aerodinamika yang baik akan mampu melesat bagai sebuah roket, namun kesalahan dalam sistem aerodinamika juga amat fatal terutama dalam kecepatan tinggi, mobil dapat terbang keudara.

Untuk lebih memahami tentang prinsip aerodinamik kendaraan coba perhatikan gambar berikut ini

aerodinamika

Perhatikan aliran udara disekitar mobil tersebut, sebisa mungkin dibuat halus untuk mendapatkan gaya tekan pada bagian belakang kendaraan, jadi mobil tetap stabil pada kecepatan tinggi mobil_rallysekalipun.

Kita juga mengenal yang disebut dengan spoiler danmobil_balap side skirt, perangkat ini merupakan bagian dari perangkat aerodinamika kendaran, yang fungsinya membuat aliran udara yang akan masuk kedalam kolong mobil dibuat lebih minim, ini dibuat pada kendaraan balap terutama pada medan rally, namun berbeda untuk mobil balap pada lintasan tim riset tinggal membuat bagian kolong mobil rata, berikut perbedaannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar