Rabu, Februari 03, 2010

Universe



Di kala malam hari sering kita melihat bulan, dan bintang nan terang di atas sana.
Banyak cerita2 yang disampaikan kepada kita tentang atas sana. Misalnya orang yang kita kasihi menjadi bintang yang mengawasi kehidupan kita tiap hari.
Di masa lalu manusia percaya bumi adalah pusat alam semesta karena kita hidup di dalamnya. Seiring pengetahuan meningkat diketahui bumi mengelilingi matahari.
Selanjutnya dalam pemikiranku matahari itu pusat galaksi kita yakni galaksi bima sakti. Ternyata bukan tata surya kita itu berada di pinggiran galaksi bima sakti.
Dan ternyata galaksi itu bukan hanya bima sakti atau istilah internasionalnya Milky way.
Galaksi terdekat itu galaksi Canis Major dan Andromeda banyak galaksi- galaksi lainnya.
Pertanyaan berikutnya dalam hatiku dimanakah pusat universe itu?
Saya mencari-cari ternyata kepastian belum ada, begitu luasnya universe ini, manusia aja baru bisa menginjak bulan, ke mars baru kirim robot saja. Tata surya kita ini saja masih banyak pertanyaan apalagi universe.
Cahaya saja yang notabene yang tercepat dari semua gerak untuk menempuh ke galaksi terdekat 27 000 tahun lama nya. Dan kecepatan pesawat juga paling hanya kira-kira sebesar kecepatan bunyi. Bisa kita bayangkan luasnya universe ini. Dan galaksi itu juga bergerak/ tidak diam di satu posisi saja. Hanya saja gerakanya belum bisa dipastikan gimana. Pastinya sekarang ini diketahui jarak antar galaksi semakin jauh dengan kata lain universe memuai. Hanya saja ada prediksi nantinya akan saling mendekat lagi hingga kembali ke ketiadaan. Ada juga prediksi terus memuai, dan ada lagi prediksi nantinya jaraknya akan stabil.
Secara umum memang saling menjauhi tetapi ada hasil pengamatan akhir-akhir ini bahwa andromeda mendekati galaksi bima sakti. Dan diperkirakan bisa terjadi tabrakan antar galaksi dan akan diposting selanjutnya....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar