Senin, April 06, 2009

Sains di Yunani dari www.budakfisika.com

Animasi Fisika


Simulasi Fisika


Soal Latihan


Eksperimen Fisika


Video Fisika


Sejarah Fisika


Tokoh Fisika


Skripsi


Artikel Fisika

* Home
o Halaman Depan
o Halaman Akhir
* Latihan
o Bank Soal
o Eksperimen
o Video
* Software
o Animasi
o Simulasi
o Games
* Sejarah
o Materi
o Tokoh
* Pendidikan
o Berita
o Guru dan Dosen
o Skripsi
* Umum
o Artikel
o Romantisme
* Author
o About me
o Tanya Fisika
o Kritik dan Saran
* UPI Bandung
o Forum UPI
o FPMIPA UPI
o Fisika UPI

BUDAK FISIKA


FISIKA ITU MUDAH DAN MENYENANGKAN

Sains di Yunani
[Wednesday, November 05, 2008 | 1 comments ]


Thales dari miletus (sekitar 625-545 SM) adalah filsuf yunani pertama. Ia adalah pedagang yang melakukan perjalan ke mesir di mana ia memperoleh pengetahuan geometri dan ke mesopotamia di mana ia belajar astronomi. Ia dihormati atas kemampuannya meramalkan terjadinya gerhana matahari. Ia pun mengenal mitos penciptaan alam semesta yang dianut oleh bangsa mesir dan babilonia.

Dalam filsafat thales dan filsafat orang-orang yunani lainnya, alam bukanlah sesuatu yang memiliki kepribadian. Para filsuf yunani pra socrates cendrung memisahkan dewa-dewa dari alam, dengan memandang bahwa benda-benda langit merupakan obyek yang padat, bukan sesuatu yang memiliki kekuasaan. Pandangan demikian meminimalkan peranan para dewa seperti yang diakui pada jaman perunggu, seperti membuat hujan dan menghasilkan panen yang melimpah dan menunjukkan bahwa para dewa hanya berhubungan dengan hal-hal kesejahteraan spiritual manusia. Maka, dewa menjadi semakin abstrak dan spiritual.

Bangsa babilonia dan mesir memandang bahwa air, udara dan tanah adalah elemen-elemen pokok bumi. Seorang filsuf milisia pada sekitar tahun 611 - 547 SM, Anixemander menambahkan elemen keempat yaitu api. Anaximander meyakini bahwa makhluk hidup berasal dari elemen-elemen air dan hewan yang tingkatannya lebih tinggi berkembang dari hewan-hewan yang tigkatannya lebih rendah. Filsuf ketiga bangsa milisia, anaximes (550-475 SM) berpendapat bahwa udara adalah unsur dasar dan benda-benda lain berasal dari unsur dasar itu.

Para filsuf pra-socrates menggunakan analogi yang sejalan dengan yang dipakai oleh bangsa babilonia, yaitu dosa dan balas jasa manusia. Pengertian bahwa terdapat suatu proses balas jasa di dalam proses alam berasal dari analogi kebiasaan manusia dalam masyarakat, yaitu praktek balas dendam. Maka awal mula kata ‘sebab’ dalam bahasa yunani adalah bersalah. Pengertian demikian akhirnya digantikan oleh suatu konsepsi bahwa alam, seperti halnya masyarakat, diatur oleh hukum-hukum.

Ide balas jasa dipakai secara luas sebagai prinsip-prinsip untuk menjelaskan susunan dunia oleh heraclitus dari efesus (550-465 SM). Menurut heraclitus, prinsip balas jasa mengatur benda-benda langit, perubahan unsur-unsur, dan proses-proses alam secara umum. Balas jasa adalah suatu prinsip perubahan. Menurut heraclitus, api adalah asal mula dan gambaran segala sesuatu, lidah api merupakan simbol perubahan terus menerus yang terjadi di alam. Api ada dalam segala sesuatu, dibalik perubahan kualitatif yang diatur oleh prinsip balas jasa terdapat suatu besaran kuantitatif yang diatur oleh prinsip analogi seperti yang diterapkan dalam perdagangan. Segala sesuatu ditukar dengan api, dan api dapat ditukar dengan apapun.

Pythagoras lahir di Samos (582-500 SM), tetapi kemudian meninggalkan tanah tempat kelahirannya dan pergi ke croton di italia selatan. Di italia, phytagoras mendirikan perkumpulan yang mengabadikan hidupnya untuk spekulasi matematika dan meditasi agama. Pria dan wanita diperlakukan sama dalam kelompok itu, dan kelompok itu memiliki kekayaan yang diakui sebagai kekayaan milik bersama. Demikian juga penemuan-penemuan matematika mereka anggap sebagai milik bersama, meskipun mereka harus merahasiakan dari pihak luar. Akan tetapi kemudian pecah menjadi kelompok ilmiah dan kelompok keagamaan pada abad ke lima SM.

Menurut kelompok pythagoras, alam raya terdiri dari tiga bagian, yaitu uranos atau bumi, cosmos atau langit yang dapat bergerak, di mana bintang-bintang melekat padanya dan olympos atau rumah para dewa. Bumi, benda-benda langit dan alam raya secara keseluruhan berbentuk bulat, karena bulat karena bulat adalah bentuk geometris yang paling sempurna. Berbagai benda di alam bergerak pada suatu lintasan berbentuk lingkaran, karena lingkaran adalah bentuk lintasan yang sempurna.

Filsuf lain yang dipengaruhi oleh ajaran pytagoras adalah empedocles dari sisilia yang hidup sekitar tahun 500 - 430 SM. Empedocles berpendapat bawa segala sesuatu terbentuk dari empat elemendasar dengan susunan perbandingan yang bervariasi seperti halnya berbagai warna yang diperolehmelalui berbagai campuran berbagai pigmen dalam komposisi yang berbeda beda. Agen-agen yang menggabungkan berbagai elemen itu adalah cinta dan perselisihan, keduanya merupakan kekuatan-kekuatan inheren yang berada pada setiap elemen. Air terpisah dari tanah karena keduanya memiliki tingkat ‘kedinginan’ yang sama. Akan tetapi keduanya juga memiliki sifat yang berbeda : basah dan kering. Jadi air, udara, bumi, dan api memiliki sifat-sifat yang sama dan juga sifat-sifat yang berlawanan sekaligus.

Para pendukung teori atom (atomis) mengemukakan suatu konsep tentang alam yang lebih luas dari hanya benda-benda organik tetapi juga benda-benda fisik. Pendahulu atomis adalah leucipos dari miletus hidup sekitar tahun 440 SM dan democritus dari abdera hidup sekitar tahun 420 SM, pandangan keduanya tidak dapat dipisahkan satu dari yang lain.

Sumber : gurumuda.com







Dinilai 4.5 oleh 2 orang [?]

Pembaca kami juga menyukai

* Gerhana Matahari 26 Januari 2009
* Pengamatan Gerhana oleh Tim Cakrawala UPI


2 posting yang lebih direkomendasikan »
[Cari Konten Lainnya] [Cetak Halaman Ini] [Kembali Ke Atas]

1 comments

Cai Hen ST said... @ April 5, 2009 7:57 PM

Tolong di send ke blog kami: www.fisikamaniak.blogspot.com

:f :D ;;) :x :$ x( :?
:@ :~ :| :)) :( :s :((
Post a Comment


Budak Fisika's Facebook profile
Lomba Blog
Internet Sehat

Terbaru Dari Budak Fisika
TULISAN KOMENTAR DOWNLOAD

* Acara 100 Jam Astronomi 2009 - Apr 03Temen saya yang satu ini selalu mendadak kalau memberi tahu ada acara, Cakrawala UPI...(more)
* Percobaan Fisika Asyik : Lampu Lava Sederhana - Apr 01Pada episode kalo ini, budak fisika akan menampilkan percobaan untuk membuat lampu lava...(more)
* Percobaan Fisika Asyik : Bom Gelembung Air - Mar 29Waduh ini eksperimen ko tentang bom sih? Tenang aja gak berbahaya ko, percobaan ini...(more)
* Percobaan Fisika Asyik : Botol Apung - Mar 28Dalam eksperimen fisika ini saya beri nama botol apung, nama kerennya sih cartesian...(more)
* Percobaan Fisika Asyik : Hidrometer - Mar 27Ini buat anak-anak yang kemaren belajar fluida pasti tahu tentang hidrometer. Yupz,...(more)
* Pemenang Lomba Ngeblog Antar Mahasiswa/Pelajar se-Indonesia - Mar 23Pada suatu pagi yang cerah, ternyata ada sms dari teman saya yang memberi tahu bahwa saya...(more)
* Kapasitas Memori Otak Manusia - Mar 23Ini gak tau bener atau salah karena kapasitas memori manusia sendiri masih diperdebatkan,...(more)
* Robot Humanoid Wanita - Mar 21Ini berita yang kemaren-kemaren menarik banget, ada robot Jepang yang ikut peragaan...(more)
* Plastik + Plastik = Logam - Mar 19Ini berita aneh dan menarik banget bagi saya, siapa mengira dengan menempelkan dua lembar...(more)
* Dokumentasi Penelitian Kelas XI IPA 2 SMAN 1 Lembang - Mar 13Foto-foto berikut ini ialah gambaran sekilas hasil penelitian saya di SMAN 1 Lembang...(more)

* Tolong di send ke blog kami: www.fisikamaniak.blog... - Apr 05
* :@ - Apr 04
* @ huuuh... - Apr 04
* fisika... yummy!!!! - Apr 04
* :D :S :X tengkiu... hohoh... - Apr 03
* Makasih banyak! Abisnya aku paling takut sama Fisi... - Apr 03
* artikelnya cukup bagusmengenaskan - Mar 30
* thanks infona.. - Mar 30
* saya ingin tanya tetang situs yang menyediakan inf... - Mar 30
* coba kalo bukan pake kertas, tapi pake tisu yang t... - Mar 29
* Mantap teruskan perjuangannya kawan......2 thumbs ... - Mar 28
* selamat yaterus-terus berkarya yamaen-maen ke blog... - Mar 28
* selamat atas terpilihnya menjadi juara pertamadi f... - Mar 27
* kalo mau liat profil, liat aj di about me - Mar 27
* pak budak alumni mana? thn - Mar 26

Animasi Flash Fisika (Versi Indonesia)
Animasi Flash Fisika (Versi Inggris)
Games Fisika Asyik
Games Fisika Seru
Games Fisika Keren
Games Fisika Menantang
Kumpulan Simulasi Fisika
E-Learning Moodle
Kumpulan Eksperimen Fisika
Kumpulan Video Fisika
Tips-Trik Membuat Multimedia Pembelajaran
Materi Fisika Dasar (Mirza Satriawan)
Soal Universitas
Kumpulan Rumus Fisika SMA
Soal Prediksi UN Fisika SMA
Soal Prediksi UN Fisika SMP
Latihan Soal Fisika SMP dan SMA Online
Buku IPA SMP/MTs
Buku Sekolah Elektronik
Silabus dan RPP Fisika SMA
Tanya Jawab Seputar Sertifikasi Guru
Undang-Undang Sisdiknas
Panduan Penyusunan RPP
101 Fakta Fisika
Website Fisika
Materi Fisika Dasar
Cakrawala UPI
Physics Problems
Physics MAN
TEKNIPS! Learning Revolution
Fisika SMP
Belajar Astronomy
Rony Soegiharto Fisika
Kertas Lecek
Physics is Exciting!
Pendidikan Sains (SL)
Fisika RJ
Blog Guru Fisika
Pak AR Guru Fisika
MATH Forum
Fisikawan UNNES
Ulayya Fisika
Sains Room
Aktifisika
Asyafe Adventures
Science and ICT
Physics Department
Weblog Astronomy
Alljabbar
Web Forum UPI
Forum Sains Indonesia
102FM ITB
Kucing Fisika
Fisik@net
Gudang Ilmu Fisika
Blog Pak Sidik
Fisika Online

KLIK UNTUK MENDAFTARKAN WEBSITE ANDA

Peminat Budak Fisika

Recent Visitors


You! Join Now.


itsnain_bkl
basman.tompo
anam_02
erast
Anisyah Arief A
novi.yusnia


masprima
mesa
Rakhmat Ari Wibowo
mig33citeureup
reynendra_99
diniembunpagi


Ishq M
batas03
Ephwan
greenday_clp
neny_else
Firman







See all 9 members...


Grab This!
MyBlogLog




Sites Authored


Ever wonder who's visiting your site?

This widget updates automatically whenever a MyBlogLog member views your site with their avatar and links to their profile and websites. Introduce your readers to each other, register for access to free stats, and help make the web more personable.

Want a widget of your own? Grab This!
Want one of your own? Enter your site's URL below.
Website URL:
No adult content is on this website.
Please wait...
Copy and Paste this code into your sidebar HTML. For help, please see our Tutorials.

Download Software Pendukung

* Mozilla Firefox
* PDF Reader
* PDF to Word Doc Converter
* Flash Player
* Shockwave Player
* Download Youtube

Link Budak Fisika

Budak Fisika

Budak Fisika
Materi Fisika Dasar
Fisika Dasar
Belajar Dari Dasar
Fisika SMP dan SMA
Arsip Bulanan
Statistik Blog
[SEO Stats powered by MyPagerank.Net]
PageRank Checking Icon

Situs Pendukung
Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!
| healthy life | health food | save our earth | women beauty | health infection | moto4fun | yachts4fun | is not only anime | manga all day | tips affiliasi | masdhenk | jurnalanas | khauf | Tukar Link dan Promosi Website | Blog.MFajri.net | Link Exchange | FFiles | Dmegs Web Directory |
Free Web Directory - Add Your Link
The Little Web Directory
Academics blogs | [BackLink by Counters 4 U] | [SEO Monitor by MyPagerank.Net]
Google bot last visit powered by Scriptme|Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net|Msn bot last visit powered by Scriptme

Search Engine Optimization and SEO Tools
Kategori

* .
* Animasi
* Artikel Populer
* Astronomy
* Atom
* Bank Soal
* Berita Pendidikan
* Besaran dan Satuan
* Bunyi
* Cahaya
* Dinamika Gerak
* e-Book
* e-Learning
* Eksperimen Fisika
* Elastisitas
* Elektromagnetik
* Fisika Medis
* Fisika Modern
* Fisika Teori
* Fluida
* Games
* Gaya
* Gerak
* Getaran dan Gelombang
* Gravitasi
* Guru dan Dosen
* KTSP
* Listrik
* LKS
* Lomba Blog
* Magnet
* Materi Belajar
* Material
* Momentum
* Motivasi
* Multimedia
* Non PTK
* Optik
* Penelitian
* Pengukuran
* Pesawat Sederhana
* PLP
* PTK
* Radiasi Benda Hitam
* Robot
* Romantisme Fisika
* Rotasi Benda Tegar
* RPP
* Sejarah Fisika
* Simulasi
* Situs Fisika Indonesia
* Skripsi
* SMA
* SMP
* Software Fisika
* Statistik
* Tekanan
* Termodinamika
* Tokoh Fisika
* Universitas
* Usaha dan Energi
* Vektor
* Video
* Zat

Situs Fisika
| physics2life | fisikaasyik | fisikon.net | blog guru fisika | gurumuda | dunia fisika | TEKNIPS! | myscienceblogs | 102fm itb | superdoy | fisika2003upi | e-dukasi.net | PakAR fisika | fisik@net - situs referensi fisika | bse | edumedia-science | bbc | kloonigames | cakrawala | KucingFisika | sarwadipa | yohanes surya | fisikaman | sebarin soal | alljabbar | pendidikansains | weblog astronomy | belajar astronomy | animation for physics and astronomy | asyafe | physics and physicists | opensourcephysics | sidik blog's | klub sains | educypedia | physics explained | fisikasic | wonders of physics | science website | ross shephard physics | hyper physics | flash animation for physics | Science Toys | edu2000 | Bizzare | Exploratorium | Hila-Projects | Fun Motion | Physics Central | julian trubin | scienceclub |
ocidbrass
Copyright 2008 Fisika Itu Mudah dan Menyenangkan - by Sony Ramadhan | Entries (RSS) - Comment (RSS) WPTheme by Michael Jubel | Blogger Template by ThemeLib.com

2 komentar:

  1. Good posting! more professional web templates at itemplatez.com... its a easy download.

    BalasHapus
  2. What Is Dhyansanjivani ?
    Dhyansanjivani Is The World famous No 1 Spiritual Astrology Web Site
    We Have All Types Of Spiritual Products Like Yantras Rudraksha Siyar Singhi Hatha Jodi Billi Ki Naal Kanchi Nariyal Stone Moti Parad Products Raksha Kavach
    We Also Perform All Types Of Vedic And Tantric Method Puja / Sadhana / Yagna"s
    Also We Show You Your Online Puja Nobody Can Show Puja Live But We Show Live Online Puja
    We Also Perform Puja At Your Request on Temple Or Any Where For More Information ABout This Site Visit Here Its Really Very Useful Web Site
    www.dhyansanjivani.com www.dhyansanjivani.org
    by manisha p singh

    BalasHapus