Jumat, April 03, 2009

SKL (Standard Kompetensi Kelulusan)2009

KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009
SMA

1. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1. Membaca
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis/teks nonsastra dan nonteks (berbentuk grafik/tabel) artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks esai, biografi, pidato, dan berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif, eksposisi, dan persuasif). Menentukan ide pokok, fakta, dan opini paragraf
Menentukan rangkuman, kalimat pernyataan, dan kalimat pertanyaan sesuai dengan isi paragraf artikel
Menentukan isi teks biografi
Menentukan jawaban pertanyaan dan simpulan teks
Menentukan masalah, opini, dan keberpihakan penulis tajuk rencana
Menentukan pernyataan yang tepat dan simpulan isi grafik/tabel
Menentukan persamaan isi dan gagasan penulis tajuk rencana/editorial
Menentukan kalimat utama dan kalimat sumbang dalam paragraf
Menentukan kalimat persuasif dalam teks pidato
2. Menulis
Mengungkapkan gagasan, pendapat, perasaan, informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi, argumentatif, persuasif, teks pidato, artikel, proposal, surat dinas, surat dagang,
rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, dan karya ilmiah dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepaduan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan menyunting berbagai jenis wacana tulis. Melengkapi paragraf deskriptif yang rumpang
Menyusun kalimat menjadi sebuah paragraf eksposisi
Menentukan kalimat penjelas sesuai dengan topik paragraf argumentasi
Melengkapi paragraf rumpang
Menentukan rangkuman dialog
Menentukan kalimat simpulan dalam notulen
Memperbaiki kalimat yang tidak efektif
Menentukan kalimat yang tepat dalam surat lamaran pekerjaan
3. Kebahasaan
Menguasai berbagai komponen kebahasaan dalam berbagai bentuk tulisan. Menggunakan kata berimbuhan, frasa
Menentukan pola kalimat
Melengkapi kalimat dengan klausa
Menggunakan kata majemuk, kata bermakna konotasi, kata bermakna kias, dan kata bermakna umum/khusus dalam kalimat
Memperbaiki ragam kalimat yang tidak resmi








2. BAHASA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/KEAGAMAAN)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1. Membaca:
Memahami secara kritis berbagai jenis wacana tulis
teks nonsastra berbentuk grafik, tabel, artikel, tajuk rencana, laporan, karya ilmiah, teks pidato, berbagai jenis paragraf (naratif, deskriptif, argumentatif, persuasif, dan eksposisi), serta teks sastra berbentuk puisi, hikayat, cerpen, drama, novel, biografi, karya sastra berbagai angkatan dan sastra Melayu Klasik. Menentukan isi dan bagian-bagian paragraf suatu artikel
Menentukan unsur paragraf
Menentukan isi paragraf, simpulan paragraf, dan arti istilah/kata dalam paragraf
Menentukan opini dalam tajuk rencana
Menentukan isi grafik, diagram, atau tabel
Menentukan unsur intrinsik dan isi hikayat sastra Melayu Klasik
Menentukan unsur intrinsik cerpen
Menentukan unsur intrinsik novel
Menentukan masalah yang diungkapkan dan amanat dalam drama
Menentukan maksud gurindam
Menentukan unsur intrinsik puisi
Menentukan isi kutipan esai
2. Menulis:
Menulis, menyunting, dan menggunakan berbagai jenis wacana tulis untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, pendapat, perasaan, dan informasi dalam bentuk teks naratif, deskriptif, eksposisi,
argumentatif, teks pidato, artikel/esai, proposal, surat dinas, surat dagang, rangkuman, ringkasan, notulen, laporan, resensi, karya ilmiah, dan berbagai karya sastra berbentuk.
puisi, cerpen, drama, novel, kritik, dan esai dengan mempertimbangkan kesesuaian isi dengan konteks, kepadanan, ketepatan struktur, ejaan, pilihan kata, dan penggunaan bahasa. Menentukan kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf
Menentukan kata serapan untuk melengkapi paragraf
Melengkapi paragraf dengan kata baku
Melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan
Melengkapi paragraf deskipsi dengan kalimat yang sesuai
Melengkapi paragraf deskripsi dengan frasa yang sesuai
Melengkapi paragraf analogi
Memperbaiki kalimat simpulan generalisasi
Melengkapi paragraf sebab-akibat
Melengkapi silogisme dengan kalimat yang tepat
Melengkapi paragraf narasi
Menyusun kalimat acak menjadi paragraf
Melengkapi teks pidato dengan kalimat persuasif
Menentukan kalimat latar belakang karya tulis
Memperbaiki kalimat yang mengandung kata kias dalam karya tulis
Menentukan perbaikan kalimat rancu dalam karya tulis
Menentukan penulisan judul karya tulis yang tepat
Menentukan kalimat yang sesuai dengan konteks surat (isi dan bagian/struktur) dan penulisan surat lamaran pekerjaan
Menentukan kalimat resensi
Melengkapi puisi dengan larik yang bermajas
Melengkapi dialog teks drama dengan peribahasa
Menentukan kalimat kritik sastra

3. SASTRA INDONESIA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1. Membaca:
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam kegiatan membaca cerita pendek, novel, hikayat, puisi, dan drama. Menentukan unsur-unsur intrinsik novel
Menentukan unsur-unsur intrinsik cerpen
Menentukan unsur-unsur intrinsik drama
Menganalisis hikayat (legenda, mite, sage, atau fabel)
Menganalisis isi dan penggunaan bahasa dalam puisi
Menentukan unsur ekstrinsik novel
2 Menulis
Mengungkapkan pengalaman dalam puisi, cerita pendek, drama, cerita rakyat, menulis resensi, esai dan kritik sastra serta menulis aksara Arab Melayu. Mengidentifikasi penulisan kata dalam aksara Arab Melayu dan mengubah tulisan dalam aksara Arab Melayu ke dalam aksara Latin atau sebaliknya
Melengkapi puisi dengan memperhatikan majas, diksi, dan rima
Melengkapi kutipan cerpen
Memperbaiki kalimat yang tidak padu dalam kutipan cerpen
Menentukan kalimat resensi
Melengkapi penulisan drama
Menentukan kalimat esai sastra
Menentukan kalimat kritik
3. Kesastraan
Menguasai komponen-komponan kesastraan dalam menelaah berbagai karya sastra. Menganalisis isi dan unsur intrinsik puisi
Menentukan makna peribahasa dan ungkapan
Menganalisis unsur intrinsik cerpen
Menganalisis unsur ekstrinsik novel


4. BAHASA INGGRIS SMA/MA (PROGRAM IPA/IPS/BAHASA/KEAGAMAAN)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 LISTENING (Mendengarkan)
Memahami makna teks lisan berbentuk teks fungsional pendek, percakapan dan teks monolog sederhana berbentuk naratif (narrative, recount, news item) dan deskriptif (report, descriptive, explanation) dalam konteks kehidupan sehari-hari. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu dan informasi rinci dari sebuah percakapan
Memberikan respons yang tepat terhadap percakapan yang berisi ungkapan simpati, rasa suka/tidak suka, undangan, permintaan/ pemberian dan penolakan izin, serta kepuasan/ ketidakpuasan yang diperdengarkan
Menentukan gambar yang tepat sesuai dengan informasi yang ada di dalam percakapan
Menentukan gambar yang sesuai dengan teks monolog yang diperdengarkan
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu,dan informasi rinci dari sebuah teks monolog yang diperdengarkan
2. READING (Membaca)
Memahami nuansa makna di dalam teks tertulis seperti teks fungsional pendek dan esai berbentuk naratif (narrative, recount, news item), deskriptif (report, descriptive, explanation) dan argumentatif (exposition, discussion) dalam konteks kehidupan sehari-hari. Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi rinci tersurat, informasi rinci tersirat, makna kata dari teks tertulis seperti teks fungsional pendek berbentuk announcement
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, makna kata, tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk letter
Menentukan informasi tertentu, gambaran umum, makna kata, tujuan komunikatif dari teks tertulis fungsional pendek berbentuk advertisement/brochure
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi rinci tersurat, pikiran utama paragraf tertentu, pesan moral, tujuan komunikatif, makna kata informasi tersirat, rujukan kata dari teks tertulis berbentuk essai narrative
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi rinci tersurat, makna kata dari teks tertulis berbentuk news item
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, informasi rinci tersurat, pikiran utama, makna kata, informasi tertentu dari teks tertulis berbentuk recount
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, tujuan komunikasi, informasi rinci tersurat dari teks esai berbentuk report
Menentukan gambaran umum, makna kata, informasi tertentu, informasi rinci tersurat dari teks esai berbentuk descriptive
Menentukan gambaran umum, informasi tertentu, tujuan komunikasi, informasi rinci, makna kata dari teks esai berbentuk exposition
Menentukan gambaran umum, informasi rinci tersurat, informasi tertentu, makna kata, informasi tersirat dari teks esai berbentuk discussion
Menentukan gambaran umum, rujukan kata dari teks esai tertulis berbentuk message


5. BAHASA JERMAN SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 MEMBACA
Memahami berbagai ragam wacana tulis sederhana dalam bentuk paparan dan atau dialog tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, hobby dan waktu senggang, pekerjaan, wisata. Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema identitas diri
Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema kehidupan sekolah
Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema kehidupan keluarga
Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema kegemaran/hobi
Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema pekerjaan
Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis dalam tema wisata
2 MENULIS
Mengungkapkan pendapat, perasaan dan pikiran secara tertulis dengan menggunakan ungkapan komunikatif, kosa kata dan struktur/pola kalimat yang tepat tentang identitas diri, kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, hobby dan waktu senggang, pekerjaan, wisata. Menentukan ungkapan komunikatif /kosa kata yang tepat dalam percakapan sederhana tema identitas diri
Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam percakapan tulis sederhana tema kehidupan sekolah
Menentukan ungkapan komunikatif/kosa kata yang tepat dalam percakapan sederhana tema kehidupan keluarga
Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam percakapan sederhana tema kegemaran/hobi
Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam percakapan sederhana tema pekerjaan
Menentukan ungkapan komunikatif/kosakata yang tepat dalam percakapan sederhana tema wisata


6. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 Memahami pernyataan dalam matematika dan ingkarannya, mampu menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah. Menentukan negasi pernyataan yang diperoleh dari penarikan kesimpulan
2 Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, persamaan lingkaran dan persamaan garis singgungnya, suku banyak, sistem persamaan linear, program linear, matriks, vektor, transformasi geometri, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menggunakan aturan pangkat, akar, dan logaritma
Menentukan kedudukan garis lurus terhadap grafik fungsi kuadrat (parabola)
Menggunakan rumus jumlah dan hasil kali akar-akar persamaan kuadrat
Menentukan persamaan kuadrat baru
Menentukan persamaan garis singgung lingkaran
Menentukan komposisi dua fungsi dan fungsi invers
Menentukan sisa pembagian atau hasil bagi
Menyelesaikan masalah sistem persamaan linear
Menyelesaikan masalah program linear
Menyelesaikan operasi matriks
Menentukan sudut antara dua vektor
Menentukan panjang proyeksi dan vektor proyeksi
Menentukan bayangan titik atau garis karena dua transformasi
Menentukan fungsi invers dari fungsi eksponen dan logaritma
Menentukan suku ke-n dari deret aritmetika
Menentukan unsur yang belum diketahui dari hubungan deret aritmetika dan geometri.
3 Memahami sifat dan atau geometri dalam
menentukan kedudukan titik, garis dan bidang, jarak dan sudut. Menghitung jarak dan sudut antara dua objek (titik, garis, dan bidang) di ruang
4 Memahami konsep perbandingan, fungsi, persamaan, dan identitas trigonometri, melakukan manipulasi aljabar untuk menyusun bukti serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menggunakan aturan sinus dan kosinus untuk menghitung unsur pada segi banyak
Menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan aturan sinus dan kosinus
Menentukan himpunan penyelesaian persamaan trigonometri
Menghitung nilai perbandingan trigonometri dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih dua sudut serta jumlah dan selisih sinus, kosinus, dan tangen
5 Memahami konsep limit, turunan, dan integral dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri, serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah. Menghitung nilai limit fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
Menentukan penyelesaian dari soal aplikasi turunan fungsi
Menghitung integral tak tentu dan integral tertentu fungsi aljabar dan fungsi trigonometri
Menghitung luas daerah dan volume benda putar dengan menggunakan integral
6. Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data, mampu memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah. Menghitung ukuran pemusatan dari suatu data dalam bentuk tabel, diagram, atau grafik
Menggunakan kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi untuk menyelesaikan masalah yang terkait
Menghitung peluang suatu kejadian


7. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM IPS/KEAGAMAAN)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 Memahami pernyataan dan ingkarannya,
menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan. Menentukan nilai kebenaran suatu pernyataan majemuk
Menentukan ingkaran suatu pernyataan
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis
2 Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan linier, program linier, matriks, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya
dalam pemecahan masalah. Menyederhanakan hasil operasi bentuk pangkat, akar, dan logaritma
Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat
Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat
Menentukan fungsi komposisi
Menentukan fungsi invers dari fungsi sederhana
Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat
Menentukan penyelesaian dari sistem persamaan linear dua variabel
Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
Menentukan nilai optimum bentuk obyektif dari daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear
Merancang atau menyelesaikan model matematika dari masalah program linear
Menyelesaikan masalah matriks yang berkaitan dengan kesamaan, determinan, atau invers matriks
Menentukan suku ke-n atau jumlah n suku pertama deret aritmetika atau geometri
3 Memahami limit dan turunan dari fungsi aljabar serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah. Menghitung nilai limit fungsi aljabar
Menentukan turunan fungsi aljabar dan aplikasinya
4 Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, kombinasi dan peluang kejadian serta mampu menerapkannya dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi
Menentukan nilai peluang dan frekuensi harapan suatu kejadian
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang
Menghitung nilai ukuran pemusatan dari data dalam bentuk tabel atau diagram
Menentukan ukuran penyebaran


8. MATEMATIKA SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 Memahami pernyataan dan ingkarannya,
menentukan nilai kebenaran pernyataan majemuk, serta mampu menggunakan prinsip logika matematika dalam pemecahan masalah yang berkaitan dengan penarikan kesimpulan. Menentukan ingkaran dari suatu pernyataan
Menentukan pernyataan yang ekuivalen dengan pernyataan tertentu
Menentukan kesimpulan dari beberapa premis
2 Memahami konsep yang berkaitan dengan aturan pangkat, akar dan logaritma, fungsi aljabar sederhana, persamaan dan pertidaksamaan kuadrat, sistem persamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret, serta mampu menggunakannya dalam pemecahan masalah. Menentukan hasil operasi bentuk pangkat, akar dan logaritma dengan menggunakan sifat-sifatnya
Menentukan unsur-unsur grafik fungsi kuadrat
Menentukan persamaan grafik fungsi kuadrat
Menentukan hasil operasi aljabar akar-akar persamaan kuadrat
Menentukan persamaan kuadrat baru
Menyelesaikan pertidaksamaan kuadrat
Menyelesaikan sistem persamaan linear dua atau tiga variabel
Menentukan sistem pertidaksamaan linear dari daerah penyelesaian
Merancang dan menyelesaikan model matematika dari masalah program linear
Menentukan nilai optimum suatu fungsi objektif
Menyelesaikan persoalan yang berkaitan dengan sifat-sifat, operasi, determinan, atau invers matriks
Menentukan suku ke-n dan jumlah n suku pertama dari deret aritmatika maupun deret geometri
Menyelesaikan masalah barisan dan deret aritmetika
3. Mengolah, menyajikan, dan menafsirkan data dan memahami kaidah pencacahan, permutasi, dan kombinasi, dan peluang kejadian, serta menerapkannya dalam pemecahan masalah. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kaidah pencacahan, permutasi, atau kombinasi
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang kejadian
Menentukan unsur-unsur pada diagram lingkaran atau batang
Menentukan ukuran pemusatan dari data pada tabel atau diagram
Menentukan ukuran penyebaran


9. FISIKA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 Memahami prinsip-prinsip pengukuran dan melakukan pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak langsung secara cermat, teliti dan obyektif Membaca pengukuran alat ukur panjang (jangka sorong) dan menentukan ketelitian hasil pengukuran sesuai alat ukur yang digunakan
Membedakan besaran skalar dan vektor serta menjumlah/mengurangkan besaran-besaran vektor dengan berbagai cara
2 Menjelaskan gej ala alam dan keberaturannya dalam cakupan mekanika benda titik, benda tegar,
kekekalan energi, elastisitas, impuls, dan momentum Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menentukan hubungan besaran-besaran fisis yang terkait dengan gaya gravitasi antar planet
Menentukan letak titik berat dari berbagai benda homogen
Menganalisis hubungan besaran-besaran yang terkait dengan gerak rotasi
Menjelaskan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari dan menentukan besaran-besaran yang terkait
Menjelaskan sifat elastisitas benda dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan momentum
3 Menjelaskan prinsip dan konsep konservasi kalor sifat gas ideal, fluida dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika serta penerapannya dalam mesin kalor Menentukan proses perpindahan kalor dan azas Black
Mendeskripsikan azas Bernoulli dalam fluida dan penerapannya
Menjelaskan variabel-variabel pada persamaan umum gas ideal
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi energi kinetik gas
Menentukan berbagai besaran fisis dalam proses termodinamika pada mesin kalor
4 Menerapkan konsep dan prinsip optik dan gelombang dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan pengamatan menggunakan mikroskop/teropong
Menjelaskan berbagai jenis gelombang
elektromagnet serta manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari
Menentukan besaran-besaran dan sifat gelombang berjalan
Menjelaskan terjadinya peristiwa interferensi dan difraksi cahaya serta menentukan besaran-besaran yang terkait dengan peristiwa tersebut
Menentukan intensitas dan taraf intensitas dari beberapa sumber bunyi yang identik
Menentukan besaran-besaran yang menimbulkan efek Doppler dan menentukan perubahan akibat efek Doppler tersebut
5 Menjelaskan konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dalam kerbagai masalah dan produk teknologi. Menentukan besaran-besaran yang terkait dengan hukum Coulomb dan medan listrik
Menentukan berbagai faktor yang mempengaruhi kapasitas kapasitor keping sejajar
Menentukan hasil pengukuran kuat arus dan tegangan listrik
Menggunakan hukum Ohm dan hukum Kirchoff untuk menentukan berbagai besaran listrik dalam rangkaian tertutup
Menjelaskan timbulnya medan magnet induksi di sekitar kawat berarus dan menentukan besaran¬besaran yang mempengaruhinya
Menjelaskan timbulnya gaya magnet (gaya Lorentz) dan menentukan besaran-besaran yang mempengaruhinya
Menentukan kaitan besaran-besaran fisis pada peristiwa induksi Faraday
Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor
6 Menjelaskan konsep dan prinsip relativitas, teori atom, dan radioaktivitas serta penerapannya. Membedakan teori-teori atom
Menjelaskan teori kuantum Planck dan kaitannya dengan radiasi benda hitam
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom
Menentukan jenis-jenis zat radioaktif dan mengidentifikasi manfaat radioisotop dalam kehidupan


10. KIMIA SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1. Menganalisis struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat unsur dan senyawa. Mendeskripsikan notasi unsur dan kaitannya dengan konfigurasi elektron serta jenis ikatan kimia yang dapat dihasilkannya
Memprediksi letak unsur dalam tabel periodik
Memprediksi jenis ikatan kimia/jenis interaksi molekuler
2 Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia. Menyelesaikan perhitungan kimia yang berkaitan dengan hukum dasar kimia
Menganalisis persamaan reaksi kimia
3 Menjelaskan sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya. Menganalisis data daya hantar listrik beberapa larutan
Mendeskripsikan konsep pH larutan
Menghitung konsentrasi asam/basa pada proses titrasi asam basa
Menganalisis sifat larutan penyangga
Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
Menyimpulkan terbentuknya endapan/larutan dari data Ksp
Menyimpulkan sifat koligatif larutan berdasarkan data
Menganalisis diagram PT yang berkaitan dengan sifat koligatif larutan
Menyimpulkan penerapan sifat koloid di dalam kehidupan sehari-hari
4 Memahami senyawa organik, gugus fungsi dan reaksinya, benzena dan turunannya, makromolekul serta lemak. Menyimpulkan penerapan konsep minyak bumi yang berkaitan dengan efisiensi BBM
Mendeskripsikan senyawa turunan alkana
Mengidentifikasi senyawa benzena dan turunannya
Menganalisa data yang berhubungan dengan polimer
Mendeskripsikan makromolekul
5 Menentukan perubahan energi dalam reaksi kimia, cara pengukuran dan perhitungannya. Menyimpulkan peristiwa eksoterm/endoterm pada peristiwa termokimia
Menentukan kalor reaksi
6 Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang memengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri. Menghitung laju reaksi berdasarkan data eksperimen
Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi
Menganalisis pergeseran kesetimbangan
Menghitung harga Kc/Kp
7 Memahami reaksi oksidasi-reduksi dan sel elektrokimia serta penerapannya dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari. Mendeskripsikan persamaan reaksi redoks
Mendeskripsikan diagram sel volta
Menerapkan hukum Faraday
Mendeskripsikan fenomena korosi
8. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaanya. Mendeskripsikan mineral suatu unsur
Mendeskripsikan sifat unsur golongan tertentu
Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan kegunaannya


11. BIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 Menjelaskan konsep-konsep keanekaragaman hayati, prinsip-prinsip klasifikasi, dan peranan serta manfaat sumber daya alam bagi kehidupan. Menjelaskan kunci determinasi sederhana dan tata nama binomial organisme pada keanekaragaman hayati di Indonesia
Menjabarkan konsep keanekaragaman tingkat gen, jenis, dan ekosistem
2 Menjelaskan ciri-ciri Virus, kingdom Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi kehidupan. Mengidentifikasi Virus, Protista, Monera dan Fungi serta peranannya bagi manusia
3. Menjelaskan ciri-ciri Plantae dan Animalia serta peranannya bagi kehidupan. Mengidentifikasi daur hidup dan cara perkembangbiakan Plantae meliputi tumbuhan lumut, tumbuhan paku dan tumbuhan berbiji
Mendeskripsikan daur hidup Invertebrata
Membandingkan ciri-ciri hewan Chordata
4 Menjelaskan hubungan antara komponen ekosistem, aliran energi dan daur biogeokimia serta mengkaitkannya dengan keseimbangan lingkungan dan pelestariannya. Mendeskripsikan komponen ekosistem, aliran energi, atau daur biogeokimia
Menjelaskan konsep keseimbangan lingkungan dan pelestariannya
5 Menjelaskan struktur dan fungsi sel serta mengkaitkannya dengan struktur jaringan dan fungsi pada sistem organ tumbuhan, hewan, dan manusia. Mengidentifikasi struktur dan fungsi sel tumbuhan dan hewan.
Mengidentifikasi jaringan dan organ pada tumbuhan beserta fungsinya
Mengidentifikasi jaringan dan organ pada manusia beserta fungsinya
6 Menjelaskan struktur dan fungsi sistem organ pada organisme hewan dan manusia serta kelainan/penyakit yang mungkin terjadi. Mendeskripsikan sistem gerak otot dan tulang pada manusia
Mendeskripsikan sistem peredaran darah manusia dan identifikasi gangguannya
Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan identifikasi gangguannya
Mendeskripsikan sistem pernafasan pada manusia dan identifikasi gangguannya
Mendeskripsikan sistem ekskresi pada manusia dan identifikasi gangguannya
Mendeskrispikan sistem regulasi pada manusia dan identifikasi gangguannya
Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia dan identifikasi gangguannya
7 Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi pada tumbuhan melalui pengamatan hasil percobaan. Menentukan faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi proses pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan
Mengintepretasi percobaan pertumbuhan dan perkembangan tanaman
8 Mendeskripsikan proses metabolisme pada rantai karbohidrat dan kemosintesis, mengkaitkan proses tersebut dengan metabolisme lemak dan protein, dan memahami teknologi yang berkaitan dengan metabolisme.
Mengintepretasi percobaan-percobaan enzim dalam metabolisme karbohidrat dan protein
Mendeskripsikan proses respirasi sel (proses katabolisme karbohidrat, protein, dan lemak)
Mendeskripsikan peristiwa fotosintesis pada tumbuhan beserta tahap-tahapnya.




9 Menjelaskan konsep dasar hereditas, reproduksi sel dan mutasi serta implikasinya pada salingtemas. Mendeskripsikan susunan nukleotida, DNA, RNA dan kromosom
Menjabarkan proses sintesis protein
Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis dan meiosis pada tumbuhan dan hewan
Mendeskripsikan hukum Mendel dan sistem persilangan serta penyimpangan semu hukum Mendel
Mendeskripsikan peristiwa mutasi beserta contoh-contohnya
10. Menjelaskan prinsip teori evolusi dan implikasinya pada perkembangan sains. Mendeskripsikan teori asal-usul kehidupan dan pembuktiannya
Menjelaskan fakta-fakta yang mendukung teori evolusi
Menjabarkan fenomena evolusi dan hubungannya dengan kesetimbangan populasi
11. Menjelaskan prinsip, peran dan implikasi Bioteknologi pada salingtemas bagi masyarakat dan lingkungan. Menjelaskan dampak bioteknologi bagi masyarakat dan lingkungan
Menjelaskan perkembangan bioteknologi konvensional dan modern beserta contoh-contohnya


12. EKONOMI SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi, konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen, permintaan, penawaran, harga keseimbangan dan pasar. Mendeskripsikan kelangkaan, masalah pokok ekonomi, serta bagaimana cara mengatasinya yang dilakukan oleh konsumen dan produsen mengacu pada sistem ekonomi
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta menentukan harga keseimbangan dengan tabel, grafik, dan perhitungan matematika
Mendeskripsikan pasar barang dan pasar sumber (input)
2 Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional (PN), inflasi, konsumsi, investasi, uang dan perbankan. Mendeskripsikan konsep tentang PDB, PDB harga berlaku, PDB harga konstant, Pendapatan Nasional, inflasi serta fungsi konsumsi dan tabungan
Mendeskripsikan uang, bank, dan kebijakan pemerintah di bidang moneter
3 Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi, APBN dan APBD, perekonomian terbuka, mengenal pasar modal. Mendeskripsikan ketenagakerjaan, pembangunan, dan pertumbuhan ekonomi serta indikatornya
Mendeskripsikan APBN dan APBD, dan kebijakan fiskal pemerintah serta sumber-sumber pembiayaannya
Mendeskripsikan perdagangan internasional, valuta asing, dan pasar modal
4 Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa. Mendeskripsikan persamaan akuntasi
Mencatat transaksi perusahaan jasa dalam jurnal dan buku besar
Membuat laporan keuangan perusahaan jasa
5 Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang dan penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang. Membuat jurnal khusus, buku besar utama, dan buku besar pembantu perusahaan dagang
Membuat jurnal penyesuaian dan membuat kertas kerja perusahaan dagang
Membuat laporan keuangan perusahaan dagang dan membuat jurnal penutup
6 Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional, pengelolaan koperasi dan kewirausahaan. Mendeskripsikan manajemen dan badan usaha termasuk koperasi
Mengidentifikasi ciri-ciri seorang wirausahawan agar berhasil dalam bisnisnya


13. SOSIOLOGI SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 Mendeskripsikan interaksi sosial sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat Mendeskripsikan interaksi sosial yang teratur berdasarkan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
2 Menjelaskan proses sosialisasi dalam pembentukan kepribadian Mengidentifikasi bentuk sosialisasi melalui berbagai media dalam pembentukan kepribadian
3 Mengidentifikasi berbagai perilaku menyimpang dan pengendalian sosial dalam masyarakat Mengidentifikasi sebab terjadinya berbagai jenis perilaku menyimpang dalam masyarakat
Mengidentifikasi fungsi berbagai jenis pengendalian sosial yang dilakukan oleh lembaga pengendalian sosial
4 Menjelaskan bentuk struktur sosial dan konsekuensinya terhadap konflik dan mobilitas sosial Menginterpretasi gambar struktur sosial vertikal dan horizontal dalam masyarakat
Menjelaskan proses terjadinya berbagai bentuk konflik dan cara mengatasinya
Mendeskripsikan struktur sosial masyarakat majemuk dan pengaruhnya terhadap integrasi sosial
Mendeskripsikan proses mobilitas sosial melalui berbagai saluran yang ada dalam masyarakat
5 Menganalisis kelompok sosial dalam masyarakat multikultural Menjelaskan terbentuknya kelompok sosial dan terjadinya kemajemukan dalam masyarakat
Menjelaskan perilaku primordialisme yang berkembang dalam masyarakat multikultural
6 Menjelaskan proses perubahan sosial pada masyarakat dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat Menjelaskan gej ala perubahan sosial yang terjadi serta dampaknya bagi masyarakat
7 Menjelaskan peran dan fungsi lembaga sosial Mendeskripsikan fungsi lembaga sosial utama dalam masyarakat
8 Menyusun rancangan dan melakukan penelitian sosial sederhana Mendeskripsikan kerangka rancangan penelitian sosial
Mendeskripsikan proses pelaksanaan penelitian sosial serta kegunaan laporan hasilnya


14. GEOGRAFI SMA/MA (PROGRAM IPS)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 Menganalisis hakikat, objek, ruang lingkup, prinsip, konsep, aspek dan pendekatan geografi. Menjelaskan Menjelaskan penggunaan konsep dasar dan pendekatan Geografi dalam rangka memahami fenomena geosfer
2 Menganalisis dinamika unsur-unsur geosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia. Mendeskripsikan proses perkembangan pembentukan bumi
Menganalisis fenomena yang terjadi pada lithosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia
Menganalisis fenomena yang terjadi pada pedosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia
Menganalisis fenomena yang terjadi pada atmosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia
Menganalisis fenomena yang terjadi pada hidrosfer serta kaitannya dengan kehidupan manusia
Mendeskripsikan keaneka-ragaman flora dan fauna di muka bumi sebagai potensi pendukung kehidupan
3 Menganalisis dinamika unsur-unsur sosial dalam kehidupan sehari-hari. Mendeskripsikan fenomena yang terjadi pada antroposfer
Mendeskripsikan potensi industri sebagai pendukung kehidupan manusia
4 Menerapkan keterampilan dasar peta/pemetaan dalam memahami fenomena geosfer. Menerapkan keterampilan dasar pembuatan peta/pemetaan fenomena geosfer
5 Memahami pemanfaatan citra dan SIG sebagai media informasi fenomena geosfer. Menginterpretasi Penginderaan Jauh sebagai sumber informasi fenomena geosfer
Mendeskripsikan Sistem Informasi Geografi sebagai media informasi fenomena geosfer
6 Menjelaskan perkembangan wilayah. Membedakan pola keruangan dan interaksi desa-desa, desa¬kota, dan kota-kota
Mendeskripsikan karakteristik suatu wilayah sebagai pusat pertumbuhan di negara berkembang dan di negara maju


15. SEJARAH BUDAYA/ANTROPOLOGI SMA/MA (PROGRAM BAHASA)
NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN KEMAMPUAN YANG DIUJI
1 Menjelaskan berbagai budaya lokal, budaya asing dan hubungan antarbudaya, serta dampak dari keragaman budaya. Mendeskripsikan wujud budaya lokal dan budaya asing
Mendeskripsikan hubungan antarbudaya
Mendeskripsikan dampak keragaman budaya
2 Menjelaskan proses dinamika budaya dalam kaitannya dengan integrasi nasional. Mendeskripsikan tentang dinamika budaya
Mendeskripsikan pewarisan budaya
Mendeskripsikan proses integrasi nasional
3 Mengidentifikasi peran bahasa dan dialek dalam perkembangan budaya Indonesia. Mendeskripsikan keragaman bahasa, dialek, dan tradisi lisan di Indonesia
4 Mengidentifikasi keragaman dan perkembangan seni dalam budaya Indonesia (Seni rupa, seni sastra dan pertunjukkan). Mendeskripsikan keragaman bentuk dan perkembangan seni di Indonesia
5 Menjelaskan keragaman agama/religi/kepercayaan di Indonesia serta hubungannya dalam kehidupan masyarakat. Menjelaskan keragaman agama/religi/kepercayaan di Indonesia
6 Memahami peran dan peranan IPTEK serta pengaruhnya terhadap perkembangan budaya Indonesia. Menjelaskan peran dan penerapan IPTEK di Indonesia
Menjelaskan pengaruh IPTEK terhadap perkembangan budaya Indonesia

1 komentar:

  1. bu/pak....yth...
    saya minta soal+jawaban+rumus mengerjakanya tentang termodinamika,ginetik ya...
    secepatnya ya buk/pak,,,?

    BalasHapus